WIRELESS, MOBILE COMPUTING, AND MOBILE COMMERCE


Wireless Technologies

Wirelees atau “tanpa kabel” yaitu melakukan hubungan telekomunikasi tanpa menggunakan kabel tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik, teknologi wireless sudahlah banyak atau luas digunakan
·      Wireless Devices ( contohnya : smartphone) keuntungannya ialah cukap kecil dan mudah dibawah, daya komputasinya cukup, berhubungan seraca nirkabel untuk internet dan perangkat lain. Sedangkan kerugiannya ialah dapat dengan mudah mengirim informasi yang mungkin sensitive.

·      Wireless Transmission Media seperti Microwave, Satellite, Radio.

§  Keuntungan menggunakan microwave : Bandwidth tinggi, dan tidak mahal, tetapi kerugiannya ialah rentan terhadap lingkungan.

§  Keuntungan menggunakan Satelit : Bandwidthnya tinggi dan cakupan lingkungan/area yang luas. Kerugiannya ialah : Mahal, signal yang lambat, menggunakan enkripsi untuk keamanan. Jenis- jenisnya ada 3 yaitu : Geostationary Earth Orbit ( GEO ) dengan orbit 22,300 miles biasanya digunakan untuk signal TV , Middle Earth Orbit ( MEO ) berada pada orbit 6, 434 miles digunakan untuk Global Positioning Systems( GPS), dan Low Earth Orbit ( LEO ) berada pada orbit 400-700 miles digunakan untuk Telepon dan Internet.

§  Keuntungan menggunakan Radio yaitu Bandwidth tinggi, Sinyal melewati dinding, Murah dan mudah dipasang, dan kerugiannya ialah Membuat masalah gangguan listrik, Rentan terhadap pembobolan kecuali dienkripsi.

§   Keuntungan infrared yaitu Bandwidth rendah sampai sedang, Digunakan hanya untuk jarak pendek. Kerugiannya Membutuhkan garis penglihatan yang tidak terhalang yaitu tidak dapat berjauh-jauhan.

Wireless Computer Networks & Internet Access
Dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  • Short-Range Wireless Yaitu yang luas/jarak lingkup areanya pendek seperti : Bluetooth, Ultra-Wideband, dan lain-lain
  • Medium-Range Wireless Yaitu luas areanya Sedang seperti : Wireless Local Area Networks (WLAN), Wi-Fi Direct, MiFi, Super Wi-Fi.
  • Wide-Area Wireless Yaitu yang jaringannya luas  seperti : Telephone Seluler ( 1G,2G,3G,4G), Wireless Broadband.


Mobile Computing and Mobile Commerce
   Mobile Computing yaitu Mengacu pada koneksi real-time antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lainya, seperti internet atau intranet. Karakter yang dimiliki adalah Jangkauan yang luas, dan Mobilitas ( yaitu ada dimana, nyaman, konektifitas instan, personalisasi, lokasi produk dan layanan).
       Mobile Commerce yang adalah Transaksi elektronik mobile yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel, khususnya melalui internet. Atau yang dikenal sebagai “ M-Commerce” ( Perangkat Mobile , Penurunnan Harga, Peningkatan Bandwidh). Layanan M-Commerce meliputi : Berbasis Lokasi, dan servis, jasa keuangan, mengakses informasi, aplikasi intra bisnis, dan aplikasi telemetri.

Pervasive Computing

       Yaitu “ Dimana-mana ada computing”, melalui semua objek di sekitar kita seperti : Radio-Frequency Identification (RFID)
      Versus bar codes
      Versus QR codes
       Wireless Sensor Networks

Wireless Security

Ancaman Utamanya ialah : Jalur akses yang tidak resmi, War Driving, Menguping, atau Eavesdropping, dan Radio-frequency jamming