Jenis-Jenis Keputusan
Desember 04, 2017
Pengantar TI
Unstructured Decision
Keputusan diambil dengan mempertimbangkan penilaian,
evaluasi atau wawasan untuk memecahkan masalahnya. Dalam Jenis Keputusan ini menuntut pengalaman
dan berbagai sumber dari luar.
Contoh : keputusan untuk bergabung (merger) dengan perusahaan
lain.
Sering dilakukan oleh senior executive
Structured Decision
Keputusan yang rutin dan berulang, di mana pengambil
keputusan mengikuti sebuah prosedur yang jelas.
Contoh
Keputusan pemesanan barang, jika inventori barang melewati stock
level tertentu, maka persediaan barang harus ditambah.
Semi Structured
Decision
Keputusan yang sebagian dapat diprogram, berulang-ulang dan
rutin sebagian lagi tidak terstruktur.
Contoh : data penjualan barang di suatu derah menunjukkan kecenderungan
untuk turun dalam 6 bulan terakhir. Manajer akan mengumpulkan berbagai data
dari sistem informasi (bagian terstruktur) dan melakukan wawancara untuk
mengumpulkan informasi luar (tidak terstruktur) sebelum mengambil keputusan.
PROSES PENGAMBILAN
KEPUTUSAN
Tahapan pengambilan keputusan
Intelligence
Menemukan, mengidentifikasi dan memahami masalah yang
terjadi pada organisasi
Design
Menggali berbagai alternatif solusi yang mungkin
Choice
Memilih alternatif solusi yang terbaik
Implementation
Menerapkan pilihan yang diambil dan melakukan monitoring
bagaimana solusi tersebut bekerja.
Peran
Interpersonal
Manajer bertindak sebagai figur utama dalam organisasi
ketika mereka mewakili perusahaan kepada dunia luar dan melakukan tugas-tugas
simbolik, seperti memberikan penghargan kepada karyawan.
Manajer bertindak sebagai pemimpin, memberikan motivasi,
nasihat dan mendukung bawahannya.
Manajer bekerja sebagai penghubung antar berbagai tingkatan
dalam organisasi.
Peran Informasi:
Manajer bertindak sebagai pusat saraf dari organisasi,
menerima informasi terkini yang paling konkret dan mendistribusikannya kepada
mereka yang membutuhkannya juru bicara dalam organisasi.
Peran Dalam Pengambil
Keputusan:
Manajer bertindak sebagai wirausahawan dalam mengusulkan
jenis-jenis aktivitas baru, menangani gangguan-gangguan yang muncul dalam
organisasi, pengalokasian sesumber, negosiator
Dalam beberapa peran manajerial dimana sistem informasi dapat berperan lebih
dalam mendukung pengambilan keputusan ternyata tidak selalu memberikan hasil
yang positif, karena
Information quality
Management filter
Organization inertia
Business intelligence
Infrastruktur untuk mengumpulkan, menyimpanm menganalis data
yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis.
Databases, data warehouses, data marts
ELEMEN BI ENVIRONMENT
Data from the business environment
Business intelligence infrastructure
Business analytics toolset
Managerial users & methods
Delivery platform – MIS, DSS, ESS
User interface
DECISION SUPPORT
SYSTEM (DSS)
SIM
Membantu manajer mengawasi dan mengelola bisnis dengan
menyediakan informasi dan kinerja perusahaan. SIM secara khusus menghasilkan
laporan yang sifatnya tetap dan rutin (terstruktur berdasarkan data yang
diperoleh dan dirangkum dari sistem pemrosesan transaksi (TPS) perusahaan
DSS
Sebuah sistem komputer yang interaktif, user-friendly,
digunakan pada level manajemen yang memadukan data dan model dan alat analisis
untuk mendukung pengambilan keputusan yang semi terstruktur atau tidak
terstruktur.
DSS
Where do most of our customers come from? The answer might
tell managers to spend more marketing resources, or to initiate new marketing
efforts.
Where are the average purchases higher? The answer might
tell managers where to focus marketing and sales resources, or pitch different
messages to different regions.
What form of payment is the most common? The answer could be
used to emphasize in advertising the most preferred means of payment.