Jenis-Jenis Keputusan


Unstructured Decision
Keputusan diambil dengan mempertimbangkan penilaian, evaluasi atau wawasan untuk memecahkan masalahnya.  Dalam Jenis Keputusan ini menuntut pengalaman dan berbagai sumber dari luar.
Contoh : keputusan untuk bergabung (merger) dengan perusahaan lain.
Sering dilakukan oleh senior executive

Structured Decision
Keputusan yang rutin dan berulang, di mana pengambil keputusan mengikuti sebuah prosedur yang jelas.  
Contoh
Keputusan pemesanan barang, jika inventori barang melewati stock level tertentu, maka persediaan barang harus ditambah. 
Semi Structured Decision
Keputusan yang sebagian dapat diprogram, berulang-ulang dan rutin sebagian lagi tidak terstruktur.
Contoh : data penjualan barang di suatu derah menunjukkan kecenderungan untuk turun dalam 6 bulan terakhir. Manajer akan mengumpulkan berbagai data dari sistem informasi (bagian terstruktur) dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan informasi luar (tidak terstruktur) sebelum mengambil keputusan.

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Tahapan pengambilan keputusan
Intelligence
Menemukan, mengidentifikasi dan memahami masalah yang terjadi pada organisasi
 
Design
Menggali berbagai alternatif solusi yang mungkin
Choice
Memilih alternatif solusi yang terbaik
Implementation
Menerapkan pilihan yang diambil dan melakukan monitoring bagaimana solusi tersebut bekerja.

Peran Interpersonal 
Manajer bertindak sebagai figur utama dalam organisasi ketika mereka mewakili perusahaan kepada dunia luar dan melakukan tugas-tugas simbolik, seperti memberikan penghargan kepada karyawan.
Manajer bertindak sebagai pemimpin, memberikan motivasi, nasihat dan mendukung bawahannya.
Manajer bekerja sebagai penghubung antar berbagai tingkatan dalam organisasi.

Peran Informasi:
Manajer bertindak sebagai pusat saraf dari organisasi, menerima informasi terkini yang paling konkret dan mendistribusikannya kepada mereka yang membutuhkannya juru bicara dalam organisasi.
Peran Dalam Pengambil Keputusan:
Manajer bertindak sebagai wirausahawan dalam mengusulkan jenis-jenis aktivitas baru, menangani gangguan-gangguan yang muncul dalam organisasi, pengalokasian sesumber, negosiator

Dalam beberapa peran manajerial  dimana sistem informasi dapat berperan lebih dalam mendukung pengambilan keputusan ternyata tidak selalu memberikan hasil yang positif, karena
Information quality
Management filter
Organization inertia
Business intelligence
Infrastruktur untuk mengumpulkan, menyimpanm menganalis data yang dihasilkan oleh  aktivitas bisnis.
Databases, data warehouses, data marts




ELEMEN BI ENVIRONMENT
Data from the business environment
Business intelligence infrastructure
Business analytics toolset
Managerial users & methods
Delivery platform – MIS, DSS, ESS
User interface


DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS)
SIM
Membantu manajer mengawasi dan mengelola bisnis dengan menyediakan informasi dan kinerja perusahaan. SIM secara khusus menghasilkan laporan yang sifatnya tetap dan rutin (terstruktur berdasarkan data yang diperoleh dan dirangkum dari sistem pemrosesan transaksi (TPS) perusahaan

DSS
Sebuah sistem komputer yang interaktif, user-friendly, digunakan pada level manajemen yang memadukan data dan model dan alat analisis untuk mendukung pengambilan keputusan yang semi terstruktur atau tidak terstruktur.

DSS
Where do most of our customers come from? The answer might tell managers to spend more marketing resources, or to initiate new marketing efforts.
Where are the average purchases higher? The answer might tell managers where to focus marketing and sales resources, or pitch different messages to different regions.
What form of payment is the most common? The answer could be used to emphasize in advertising the most preferred means of payment.